Karakteristik Campuran Aspal Beton Dalam Kondisi Terendam Air Hujan

Pujiyantoro, Ekky Nanda (2022) Karakteristik Campuran Aspal Beton Dalam Kondisi Terendam Air Hujan. Skripsi thesis, Universitas Kadiri.

[img] Text
Cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

Perkerasan jalan harus dapat memberikan kenyamanan kepada para pengguna jalan, berupa kondisi jalan yang baik sehingga tidak ada gangguan pada saat berkendara. Kerusakan pada badan jalan ini dapat mengurangi level of service dari jalan tersebut. Pada saat ini terdapat banyak sekali kasus kerusakan jalan, faktor penyebab kerusakan jalan ini ada bermacam-macam, diantaranya beban yang berlebihan (overloading), kesalahan pada saat pengerjaan, juga akibat adanya genangan air pada badan jalan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mempelajari pengaruh yang diberikan oleh air hujan terhadap konstruksi perkerasan lentur, khususnya pada Lapisan Aspal Beton (Laston) tipe IV. Metode yang digunakan adalah dengan studi literatur dan pengujian dilaboratorium. Kondisi perkerasan yang terendam disimulasikan dengan merendam benda uji di dalam air hujan dengan waktu 45 menit. Penelitian ini menggunakan metode experimental dengan serangkaian pengujian agregat dan Marshall test dengan mengacu pada Spesifikasi Departemen Pekerjaan Umum (2018). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan Marshall memenuhi spesifikasi, namun untuk sampel ke 2 tidak memenuhi Spesifikasi Departemen Pekerjaan Umum (2018). Kata kunci: terendam, laston, air hujan, marshall test

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email rio.mahardiko@gmail.com
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:57
Last Modified: 30 Dec 2022 07:57
URI: http://repository.unik-kediri.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item