Studi Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Dengan Metode Bina Marga 2013 Pada Ruas Jalan Sendang - Penampean

Larasati, Pipin (2022) Studi Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Dengan Metode Bina Marga 2013 Pada Ruas Jalan Sendang - Penampean. Skripsi thesis, Universitas Kadiri.

[img] Text
cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I - Pipin Larasati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Pipin Larasati.pdf

Download (132kB)

Abstract

Transportasi merupakan bagian terpenting dalam proses mobilitas serta distribusi. Pergerakan jalur transpostasi yang terhambat membuat pembangunan jalan ruas jalan Sendang – Penampean dinilai penting dalam mendukung proses mobilitas serta distribusi yang dilakukan oleh penduduk Kecamatan Sendang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai LHR (Lalu lintas Harian Rata-rata) dan nilai CBR tanah, mengetahui tebal lapis perkerasan jalan dengan menggunakan metode Bina Marga 2013, mengetahui Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang diperlukan, serta menyusun perencanaan waktu (Time Schedule) guna efisiensi pengerjaan. Penelitian diawali dengan pengumpulan studi literatur serta pengumpulan data primer maupun data sekunder, data ini meliputi : volume harian lalu lintas kendaraan, CBR lapangan, pertumbuhan lalu lintas, dan standarisasi satuan harga. Setelah pengumpulan data dilanjutkan dengan analisa data tersebut, dan dilanjutkan dengan perhitungan desain perkerasan. Jika hasilnya sudah sesuai maka dapat lanjut ke perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan penyusunan Time Schedule. Namun jika hasilnya tidak sesuai, maka dilakukan analisa data kembali. Berdasarkan hasil analisa data perencanaan diperoleh nilai CBR tanah rata-rata sebesar 7,21% dengan CBR efektif 19% dan lalu lintas harian rata-rata (LHR) sebanyak 1.891 kendaraan. Sedangkan hasil perhitungan dengan metode Bina Marga 2013 maka diperoleh perkerasan kaku dengan tebal 285 mm menggunakan tulangan memanjang 16 – 100, tulangan melintang 8 – 166, batang pengikat (tie bar) D16 – 500 (panjang = 688), dan dowel 38 – 300 (panjang = 450). Rencana anggaran biaya diperoleh senilai Rp. 1.833.090.493,61. Dan perencanaan waktu diperoleh 17 minggu dengan progress mingguan 5,88%. Kata Kunci : perkerasan kaku, penulangan, rencana anggaran biaya, time schedulle, LHR, CBR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email rio.mahardiko@gmail.com
Date Deposited: 25 Feb 2023 02:53
Last Modified: 25 Feb 2023 02:53
URI: http://repository.unik-kediri.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item