Analisa Kepuasan Pasien Pengguna Kartu Kis (Kartu Indonesia Sehat ) Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Plosoklaten

Oktari, Arina (2019) Analisa Kepuasan Pasien Pengguna Kartu Kis (Kartu Indonesia Sehat ) Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Plosoklaten. Skripsi thesis, Universitas Kadiri.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan ditempat pelayanan kesehatan tersebut. Mengetahui kepuasan pasien sangat bermanfaat bagi instansi terkait dalam rangka evaluasi program yang sedang dijalankan dan dapat menemukan bagian mana yang membutuhkan peningkatan, oleh itu perlu diidentifikasi atribut-atribut apa saja yang dinilai perlu dibenahi dan ditingkatkan lagi kualitas pelayanannya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna serta atribut Servqual apa saja yang nilai kepuasannya rendah. Dimensi Servqual digunakan untuk mengetahui atribut-atribut yang nantinya diteliti dan ditanyakan kepada responden. Dimana responden yang diteliti ialah pemegang kartu KIS yang berobat di PUSKESMAS Plosoklaten sejumlah 92 orang, jumlah responden didapat dari perhitungan menggunakan pendekatan slovin. Hasil dari penyebaran kuisioner akan diuji realibitas dan validitas nya, uji ini dilakukan guna mengetahui valid atau tidaknya kuisioner penelitian dan reliabel atau tidaknya suatu penelitian. Selanjutnya hasil kuisioner tersebut akan diolah menggunakan metode IPA (Important Performance Matrix) digunakan untuk mengetahui atribut apa yang nilainya rendah terhadap kepuasan pelayan PUSKESMAS Plosoklaten. Hasil penelitian dari jumlah kuisioner 92 responden didapatkan hasil jenis kelamin laki – laki 41 dan 51 jenis kelamin perempuan. Selanjutnya atribut yang menempati kuadran I pada diagram kartesius hasil pengolahan dengan metode IPA (Important Performance Matrix ) ialah dimensi Tanggibles. Kata Kunci : Kualitas, Servqual, Important Performance Matrix (IPA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 610.734_Public_Healt_Nursing/Keperawatan_Publik ??
?? 613.7_Physical_Fitness/Kesehatan_dan_Kesegaran_Jasmani ??
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Industri S1
Depositing User: Unnamed user with email rio.mahardiko@gmail.com
Date Deposited: 02 Jan 2020 05:36
Last Modified: 18 Jan 2022 07:52
URI: http://repository.unik-kediri.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item