Analisis Dampak Lalu Lintas Revitalisasi Pasar Sumber gempol Kabupaten Tulungagung

Styawan, Ari (2019) Analisis Dampak Lalu Lintas Revitalisasi Pasar Sumber gempol Kabupaten Tulungagung. Skripsi thesis, Universitas Kadiri.

[img] Text
cover.pdf

Download (60kB)
[img] Text
B. Abstrak.pdf

Download (157kB)
[img] Text
D. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Pengembangan pasar atau Revitalisasi dapat berpengaruh dengan kinerja perjalanan ruas jalan. Pada penelitian ini berhubungan dengan adanya Revitalisasi Pasar Sumber gempol. Andalalin adalah analisis pengaruh perkembangan tata guna lahan terhadap system pergerakan arus lalu lintas di sekitar, karena timbulnya lalu lintas baru, lalu lintas beralih dan kendaraan yang keluar masuk kesuatu lahan. Dalam penelitian Analisis Dampak Lalu Lintas ini saya menggunakan metode yang telah dijelaskan dalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia tahun 1997 dan mendapat kesimpulan sebagai berikut : 1. Revitalisasi Pasar Rakyat Sumber gempol diperkirakanakanmenarikperjalanansebesar 88,9 smp/jam dan membangkitkan perjalanan baru sebesar 60,6 smp/jam. 2. Hasil penelitian di sekitar wilayah pasar Sumber gempol Kabupaten Tulungagung di tahun penelitian dan tahun rencana adalah sebagai berikut : a. Berdasarkan hasil survei, kondisi ruas jalan sebelum dilakukan Revitalisasi mempunyai V/C Ratio 0,53 yang Level Of Service (LOS) nyater masuk dalam kategori C. b. Prediksi pada tahun 2019 setelah beroperasi mempunyai V/C Ratio 0,57, berdasarkan prediksi tersebut kinerja ruas jalan raya Sumber gempol mengalami penurunan tapi LOS masih dalam kategori C (masih terkendalikan). c. Prediksi pada tahun 2024 mendatang mempunyai V/C Ratio 0,61, kinerja ruas jalan raya Sumber gempol mengalami penurunan tapi LOS masih dalam kategori C. 3. Dampak yang akan terjadi pada ruas jalan tersebut yang penentuannya berdasarkan PM No. 75 th. 2015 tentang Penyelenggara Andalalin adalah sebagai berikut : - Arusstabil, tetapi pergerakan kendaraan di kendalikan oleh volume lalu lintas yang lebih tinggi dengan kecepatan sekurang-kurangnya 60 km/jam. – Kepadatan lalu lintas sedang karena hambatan internal lalu lintas meningkat. – Pengemudimemilikiketerbatasankecepatan, pindahjalurdanmendahului. 4. Pihak pengembang pasar harus menyediakan tempat parkir motor harus mempunyai luasan 144,3 m2 dan untuk mobil minimal sebesar 1203,13 m2. Kata Kunci : Andalalin, Tarikan, Bangkitan, Tingkat Pelayanan (LOS), Parkir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 690.2_General_Activities/Aktivitas_Umum_Teknik_Bangunan ??
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email rio.mahardiko@gmail.com
Date Deposited: 11 Feb 2020 06:38
Last Modified: 01 Nov 2021 05:12
URI: http://repository.unik-kediri.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item