Mahudi, Ela (2019) Studi Analisa Dampak Lalu Lintas Di Kawasan Pembangunan Gedung Olah Raga Kabupaten Trenggalek. Skripsi thesis, Universitas Kadiri.
Text
Cover.pdf Download (62kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (73kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
Text
I.Daftar Pustaka.pdf Download (15kB) |
Abstract
Zona-zona aktifitas berkedudukan sebagai zona penarik perjalanan. Salah satu zona aktifitas tersebut adalah pusat kegiatan olah raga. Gedung Olah Raga yang terletak di pusat kota Trenggalek diprediksi memiliki intensitas yang cukup tinggi. Pembangunan Gedung Olah Raga tersebut akan menghasilkan pergerakan arus lalu lintas di sekitar pusat pembangunan Gedung Olah Raga yang akan menimbulkan permasalahan diantaranya terjadinya peningkatan volume lalu lintas pada ruas jalan dan persimpangan yang berada di sekitar Gedung Olah Raga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Lalu-Lintas Harian Rata-Rata (LHR) dan memprediksi besar derajat kejenuhan pada ruas dan persimpangan sekitar kawasan pembangunan pada jam puncak tahun 2024 atau setelah 5 tahun studi tersebut dilaksanakan dan permasalahan apa saja yang akan timbul sesudah 5 tahun kedepan pada tahun 2024. Pada penelitian ini dilakukan metode pengumpulan data, metode pemodelan transportasi serta pendekatan mikro analisis kinerja sistem transportasi. Dari hasil survey yang dilakukan didapat Lalu-Lintas Harian Rata-Rata (LHR) kinerja lalu lintas existing tahun 2019 dengan kinerja ruas dan persimpangan sekitar pembangunan yang masih bagus dengan rata-rata nilai derajat kejenuhan pada puncak pagi, siang dan sore yaitu 0,50 dengan tingkat pelayanan C. Pada prediksi tahun 2024 tanpa pengembangan kawasan nilai derajat kejenuhan pada ruas jalan dan persimpangan di sekitar lokasi pembangunan yaitu 0,70 dengan tingkat pelayanan C. Hal itu terjadi karena adanya peningkatan pertumbuhan kendaraan rata-rata sampai tahun 2024 sebesar 40 persen. Pada tahun 2024 dengan pengembangan peningkatan arus lalu lintas yang disebabkan oleh bangkitan dan tarikan lalu lintas pada Gedung Olah Raga selain dari pertumbuhan kendaraan. Hal ini terjadi karena berdasarkan analisa diperoleh bangkitan sebesar 71 smp/jam dan tarikan sebesar 129 smp/jam. Lalu-Lintas Harian Rata-Rata (LHR) dan Kinerja pada ruas jalan dan persimpangan sekitar lokasi Gedung Olah Raga pada tahun 2024 masih dalam taraf normal. Hal ini berdasarkan nilai derajat kejenuhan 0,70 dan tingkat pelayanan C. Sebagai saran dan rekomendasi perlu adanya pengaturan sirkulasi kendaraan masuk maupun keluar dan pemasangan warning light di kawasan pembangunan Gedung Olah Raga. (Kata Kunci : Pergerakan, Derajat Kejenuhan, Prediksi Tahun 2024, Kinerja Ruas Jalan)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | ?? 625.7_Road_Engineering/Teknik_Jalan_Raya ?? T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Prodi Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email rio.mahardiko@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Jan 2020 06:55 |
Last Modified: | 06 Nov 2021 04:30 |
URI: | http://repository.unik-kediri.ac.id/id/eprint/84 |
Actions (login required)
View Item |